.post-body img { max-width:100%; height:auto; } RAK KOLEKSI pok -: BLOG DESIGN - OFF-PAGE SEO, MEMPERCEPAT INDEXING BLOG OLEH GOOGLE

Friday, May 10, 2019

BLOG DESIGN - OFF-PAGE SEO, MEMPERCEPAT INDEXING BLOG OLEH GOOGLE


Saya boleh dibilang awam banget sebetulnya soal teknik² informatika gini. Modal saya cuma kemauan saja, kemauan untuk selalu belajar, tanya sana tanya sini, nyontek sana nyontek sini, hehehe.... padahal aslinya saya gak pernah loh nyontek semasa sekolah, SUMPAH! πŸ˜‚

OK, kembali ke laptop...

Tadinya saya gak ngeh kalau bikin blog itu musti nglakuin hal² ini, supaya blog kita jadi "ramai pengunjung", high traffic kali yah istilahnya?? What ever lah... Yang jelas kata para ahlinya kita sebagai pemilik blog harus melakukan trick² tertentu agar blog kita jadi apa tuh istilahnya, SEO friendly? Intinya pokoknya blog kita harus mudah "ditemukan" oleh robot pencari jejak mesin² pencari (Google, Bing, dll). Ada banyak trick yang diceritakan para web master itu, sebagian mudah dipahami orang gaptek kayak saya, misalnya promosi blog ke media sosial, memposting artikel dengan konten yang berguna bagi orang lain, dll. Sebagian lagi dari trick² itu agak techy & rumit untuk dipahami, misalnya mengeksploitir kerja robot mesin pencari dengan menginjectkan sript robot.txt ke setting blog kita, meng-submit-kan xml sitemap blog ke Google Webmasters, dll. Namun OK-lah, demi semangat untuk terus belajar, saya mencoba untuk memahami & mempraktekkan trick² tersebut. Meskipun kalau boleh jujur, sebenarnya saya kok tidak/belum merasakan ya dampak yang diharapkan dari trick² itu, hahahah.... Buktinya sampai segini jauh belum ada sebiji orang pun mengunjungi blog saya, kecuali istri saya, itupun setelah sedikit saya paksa πŸ˜‚. Tapi it's ok lah. Toh dari awal tujuan utama saya bikin blog bukan untuk "show-off" (baca artikel pertama blog saya, disini).

OK, disini yang mau saya bikin catatannya adalah trick untuk meng-submit-kan xml sitemap blog ke Google Webmasters. Saya hanya pilih Google Webmasters karena saya pikir mesin pencari ini lah yang menjadi tokoh sentral dalam dunia cari-mencari, rajanya search engine lah, hehehe... (maaf πŸ™ untuk para search engine ternama lainnya, bukan maksud saya untuk mengabaikan).

Langsung saja (karena saya juga tidak bisa menjelaskannya secara teknis), login ke Google Webmasters, DISINI (sign-up dulu kalau anda belum membuat account ya), lalu masuk ke "Search Console" (atau kalau anda sudah memiliki account, sign-in aja, anda akan langsung masuk ke interface Search Console). Kemudian click/tap pada tab "Sitemaps" di panel sebelah kiri. Anda boleh bookmark halaman ini pada browser anda, supaya berikutnya bisa langsung masuk ke interface ini, tidak perlu membuka Google Webmasters dari awal.

Berikutnya, submitkan url² dibawah ini πŸ‘‡ dengan meng-copy-paste-kan pada text input "Add a new sitemap" lalu click/tap tombol "Submit". Lakukan langkah submit ini satu persatu, untuk setiap url ya...
http://pokokepok.blogspot.com/sitemap.xml
https://pokokepok.blogspot.com/sitemap.xml
http://pokokepok.blogspot.com/sitemap.xml?m=1
https://pokokepok.blogspot.com/sitemap.xml?m=1
http://pokokepok.blogspot.com/atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-result=500
https://pokokepok.blogspot.com/atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-result=500
http://pokokepok.blogspot.com/atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-result=500?m=1
https://pokokepok.blogspot.com/atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-result=500?m=1
http://pokokepok.blogspot.com/feeds/posts/default?orderby=updated
https://pokokepok.blogspot.com/feeds/posts/default?orderby=updated
Tentu saja, ganti terlebih dahulu nama blog yang saya tandai diatas ya, sesuaikan dengan blog anda sendiri 😌.

Lakukan submit sitemap ini secara berkala, terutama setelah anda rasa cukup banyak update artikel baru yang anda postingkan pada blog. Sebenarnya sih, bagi saya pribadi ini tidak terlalu penting, karena tanpa anda melakukan trick submit sitemap ke Google Webmaster, biasanya sekitar 2-3 hari postingan yang baru anda buat pasti akan terindex juga oleh Google. Tandanya kalau sudah terindex, jika anda search nama blog anda di Google, akan muncul posting terakhir yang anda buat. Jika belum muncul ya berarti belum terindex oleh robotnya gugel 😌. Mungkin maksudnya tips ini adalah jika anda rajin membantu kerjanya robot gugel, maka yang normalnya 2-3 hari posting anda muncul di mesin pencari, maka dengan trick ini dalam beberapa jam saja posting baru anda akan langsung muncul di mesin pencari gugel. Mungkin ini loh yaaaa..... πŸ˜‚ Wallahu'alam

Trick selanjutnya adalah dengan serajin mungkin nge-PING blog anda. Tentang makhluk apa itu yang namanya PING, buntutnya ada dimana dsb, coba tanyain ke mbah dukun terdekat ya 😁

Yang jelas, ada banyak jasa penyedia ping online di internet, misalnya diantaranya yang terbaik menurut website Arliana Design : googleping.org, pingler.com, pingomatic.com. Saya sendiri karena sudah telanjur dari awal menggunakan pingfast (lihat tombol "PING-me" pada pojok kanan atas pada panel blog saya) ya sudah, pakai ini saja, toh ini jasa free dan gak pernah ada problem pada saya sejauh ini.

Demikian sedikit catatan singkat tentang Search Engine Optimization (SEO). Jika berguna buat pembaca Alhamdulillah, kalau gak ya gpp, Alhamdulillah juga... 😊

BONUS :
Berikut saya sertakan juga ebook SEO Starter Guide yang dterbitkan di internal Google sendiri. Monggo disruput sekalian, DISINI (maaf, saya lupa... dapat darimana ebook ini dulu ya?? πŸ™ bukan maksud saya untuk tidak mengapresiasi)


Jangan pernah berhenti belajar
SALAM PUSTAKA

No comments:

Post a Comment