.post-body img { max-width:100%; height:auto; } RAK KOLEKSI pok -: KUMPULAN EBOOK CERSIL KARYA ASMARAMAN S. KHO PING HOO

Friday, May 24, 2019

KUMPULAN EBOOK CERSIL KARYA ASMARAMAN S. KHO PING HOO

Ini dia salah satu koleksi kategori VVIP saya 😊. Seperti sudah saya janjikan di tulisan terdahulu (Memori tentang awal sebuah kisah cinta, disini), pada saatnya saya akan sharekan koleksi ebook Kho Ping Hoo ini.

Asmaraman Sukowati Kho Ping Hoo, begitu nama lengkap pioneer penulis cerita bergenre cersil ini. Lahir di Sragen, Jawa Tengah, tahun 1926. Selama masa produktif kepenulisannya telah melahirkan ber-ratus² jilid buku cersil, diantaranya yang paling terkenal dan menjadi masterpiecenya antara lain : seri Pendekar Pulau Es (Bu Kek Siansu), seri Pendekar Sakti (Bu Pun Su), seri Pedang Kayu Harum, dll... serta berpuluh jilid judul buku cerita lepas dan cerita dengan seting Jawa (nusantara).

Keseluruhan koleksi ebook Kho Ping Hoo ini saya kumpulkan dari berbagai sumber, banyak sekali blog dan website yang menyediakannya, diantaranya kangzusi/Tirai Kasih sebagai sumber utama dan pioneer jagad pustaka ebook Indonesia, dan website² lain seperti blog Dunia Kangouw, dll. Terima kasih dan apresiasi saya untuk mereka 🙏 atas kerja keras mereka saya bisa menghadirkan kembali memori masa kecil saya di masa tua ini.

Beberapa memori pribadi tentang "kegilaan" akan buku bacaan Kho Ping Hoo yang telanjur mengendap di alam ingatan saya antara lain :

- Saya khitan (sunat) di usia yang cukup terlambat. Dibanding teman² sepermainan yang rata² sudah melakukannya di kelas² awal Sekolah Dasar, saya baru "sempat" melaksanakannya setelah kebetulan ada liburan sangat panjang (1 semester) setelah lulus kelas 6 SD, akibat adanya perubahan masa tahun ajaran di jaman menteri pendidikan Daud Yusuf dulu (ketahuan sekarang ya kalau saya termasuk generasi angkatan jaman kuda gigit besi 😁). Tapi mungkin juga sih alasan sebenarnya karena baru di waktu itu saya cukup mengumpulkan keberanian untuk bersedia "dijagal" itunya wakakakak.... bayangin ngerinya prosesi itu di jaman masih belum ada teknologi ring untuk khitan dsb, ngeri ngeri sedaap book... Dan kenapa akhirnya saya memberanikan diri melakukannya? Karena dengan iming² nanti akan disewakan bertumpuk² buku Kho Ping Hoo, sak mblengere! untuk menemani sepanjang masa pemulihan nanti 😂. Dan terbukti buku² tersebut besar sekali jasanya dalam menenangkan kebosanan & "keperihan hidup" saya, karena ternyata masa pemulihan hasil khitan saya sedikit lebih lama dibandingkan rata² teman sebaya lain. Jika mereka 2-3 hari setelah sunat sudah kembali berlari²an main kelereng dll, saya sampek hampir 2 minggu praktis masih harus jalan terkekeh² lengkap dengan pakaian kebesaran sarung & pethat! (mereka yang sejaman dengan saya pasti tau persis peralatan² tersebut 😅)

- Saait itu kebiasaan di keluarga saya anak² dibiasakan untuk tidur siang (daripada main gak karuan ke sawah dll). Saya yang masih anak² juga harus melakukan itu. Nah biasanya si mbah, ibu saya, atau mbak² yang bekerja membantu di rumah, yang bertugas sebagai "mandor pengawas" seringkali kelabakan menemukan saya tidak berada di kamar ketika waktunya jam tidur siang. Tahukah dimana saya? Favorit saya adalah memanjat pohon kedondong si samping rumah, baca Kho Ping Hoo diatas, sambil melihat pemandangan laut jauh disana dan sambil mencomoti buah kedondong ranum kalau laper 😂. Kalau tidak di pohon kedondong kadang juga saya pergi ke seberang jalan rumah, (sembunyi²) naik ke atas menara air sampai ke rooftop-nya! dengan alasan dan bekal yang sama juga, baca buku Kho Ping Hoo sambil menikmati pemandangan dari atas.... wekekekekek


- Atas dasar memori indah masa kecil itu juga maka sampai dengan tua pun saya terus berusaha memelihara memori indah tersebut dengan cara mengkoleksi kembali buku² bacaan Kho Ping Hoo ini selengkap mungkin. Satu kenangan indah, ketika sedang dalam proses menjelang pernikahan saya, saya beberapa kali sampai mengajak calon istri waktu itu, untuk pergi ke Solo... mampir ke rumah sederhananya sang legenda, pak Kho Ping Hoo (rumah menantu sebenarnya, Bunawan, yang juga sekaligus sebagai tempat percetakan pribadi buku² beliau, namanya CV Gema), di sebuah gang kecil di kota Solo (Jl. Juanda Kertokusuman, Gandekan, Jebres, Solo), untuk melengkapi kekurangan koleksi buku cetak Kho Ping Hoo yang belum saya punya. Saya ingat betapa terharunya saya ketika akhirnya berkesempatan mampir secara pribadi di kediaman beliau, tokoh penting dari masa kecil saya, meskipun sayangnya saya tidak bisa menemui beliau secara langsung dikarenakan beliau sudah almarhum saat itu. Asmaraman S. Kho Ping Hoo wafat di tahun 1994, dalam usia 68 tahun, sementara saya berkunjung ke rumah beliau di sekitaran tahun 2002. Dan yang lebih mengenaskan lagi, terakhir berita yang saya tahu secara tidak sengaja ketika lagi surfing² di web, rumah sekaligus perusahaan percetakan CV Gema tersebut sedang diiklankan untuk dijual. Entah dengan alasan apa.... Sayang, sebagian memori hati saya seakan ikut tercerabut karenanya, meskipun mungkin saya dapat memahami alasannya jika saya mengetahuinya. Hidup, seringkali memang harus demikian... ada masa lalu yang sebaiknya kita tinggalkan, karena tidak bisa lagi kita panggul terus-menerus sampai ke masa depan.

OK, demikian sekelumit dongeng kecil kenangan pribadi saya tentang buku cersil Asmaraman S. Kho Ping Hoo. Bukan hal penting untuk anda, namun berharga untuk saya pribadi.

Berikut daftar buku (ebook) yang sudah saya koleksi di rak koleksi saya. Catatan, sebenarnya tadinya saya berkeinginan mengedit kembali koleksi ebook Kho Ping Hoo ini, merapikannya, mengconvertnya ke format yang lebih sesuai dengan saya & device saya, memberikan signature kecil sebagai tanda pribadi, dll. Namun setelah mempertimbangkan kembali dengan lamanya waktu yang dibutuhkan, maka terpaksa saya harus membatalkan cita² saya itu, dan memutuskan meng-share saja apa adanya seperti aslinya yang saya dapat (hanya beberapa yang sudah selesai saya edit, yaitu ebook² yang berextensi epub). Berikut koleksi buku cersil Kho Ping Hoo saya, cekidot : 👇

DAFTAR JUDUL

> CERSIL TIONGKOK

A. CERITA SERIAL

Seri Pendekar Pulau Es (Bu Kek Siansu)
01 Bu Kek Siansu
02 Suling Mas
03 Cinta Bernoda Darah
04 Mutiara Hitam
05 Istana Pulau Es
06 Pendekar Bongkok
07 Pendekar Super Sakti
08 Sepasang Pedang Iblis
09 Kisah Sepasang Rajawali
10 Jodoh Rajawali
11 Suling Emas dan Naga Siluman
12 Kisah Para Pendekar Pulau Es
13 Suling Naga
14 Kisah Si Bangau Putih
15 Kisah Si Bangau Merah
16 Si Tangan Sakti
17 Pusaka Pulau Es

Seri Pendekar Sakti (Bupunsu)
01 Pendekar Sakti (Bupunsu)
02 Ang I Niocu (Nona Berbaju Merah)
03 Pendekar Bodoh
04 Pendekar Remaja

Seri Darah Pendekar
01 Darah Pendekar
02 Pendekar Penyebar Maut
03 Memburu Iblis
04 Pendekar Pedang Pelangi

Seri Dewi Sungai Kuning
01 Dewi Sungai Kuning
02 Kemelut Kerajaan Mancu

Seri Gelang Kemala
01 Gelang Kemala
02 Dewi Ular
03 Rajawali Hitam

Seri Iblis dan Bidadari
01 Iblis dan Bidadari (Hwee Thian Mo Li)
02 Lembah Selaksa Bunga

Seri Jago Pedang Tak Bernama
01 Jago Pedang Tak Bernama (Bu Beng Kiam Hiap)
02 Kisah Sepasang Naga (Ji Liong Jio Cu)
03 Pedang Ular Merah
04 Pedang Pusaka Naga Putih

Seri Naga Langit
01 Kisah Si Naga Langit (bag-1)
02 Kisah Si Naga Langit (bag-2)
03 Jodoh Si Naga Langit

Seri Si Pedang Kilat
01 Kisah Si Pedang Kilat
02 Pedang Kilat Membasmi Iblis

Seri Mestika Burung Hong Kemala
01 Mestika Burung Hong Kemala
02 Kisah Si Pedang Terbang
03 Pedang Awan Merah

Seri Naga Sakti Sungai Kuning
01 Naga Sakti Sungai Kuning
02 Naga Beracun

Seri Pedang Kayu Harum
01 Pedang Kayu Harum
02 Petualang Asmara
03 Dewi Maut
04 Pendekar Lembah Naga
05 Pendekar Sadis
06 Harta Karun Jengis Khan
07 Siluman Goa Tengkorak
08 Asmara Berdarah
09 Pendekar Mata Keranjang
10 Si Kumbang Merah Pengisap Kembang (Ang Hong Cu)
11 Jodoh Mata Keranjang
12 Pendekar Kelana

Seri Pedang Naga Kemala
01 Pedang Naga Kemala
02 Pemberontakan Taipeng

Seri Pendekar Budiman
01 Pendekar Budiman
02 Pedang Penakluk Iblis (Sin Kiam Hok Mo)
03 Tangan Geledek

Seri Pendekar Tanpa Bayangan
01 Pendekar Tanpa Bayangan (Bu Eng Cu)
02 Harta Karun Kerajaan Sung (bag-1)
03 Harta Karun Kerajaan Sung (bag-2)
04 Harta Karun Kerajaan Sung (bag-3)

Seri Sepasang Naga Lembah Iblis
01 Sepasang Naga Lembah Iblis
02 Pedang Naga Hitam

Seri Sepasang Naga Penakluk Iblis
01 Sepasang Naga Penakluk Iblis
02 Si Bayangan Iblis
03 Dendam Sembilan Iblis Tua

Seri Si Pedang Tumpul
01 Si Pedang Tumpul
02 Asmara Si Pedang Tumpul

Seri Si Raja Pedang
01 Si Raja Pedang
02 Rajawali Emas
03 Pendekar Buta
04 Jaka Lola

Seri Si Teratai Merah
01 Ang Lian Lihiap (Pendekar Wanita Teratai Merah)
02 Si Walet Hitam (Ouw Yan Cu)

B. CERITA LEPAS
- Antara Dendam dan Asmara
- Bayangan Bidadari
- Cheng Hoa Kiam
- Dendam Membara
- Dendam Si Anak Haram
- Hoa-san Taihiap (Pendekar Dari Hoa-san)
- Kisah Di Antara Remaja
- Kisah Si Tawon Merah
- Maling Budiman Berpedang Perak
- Mestika Golok Naga
- Naga Merah dan Bangau Putih
- Nona Berbunga Hijau (Kun-lun Hiap-kek)
- Ouwyang Heng-te
- Patung Dewi Kwan-Im
- Pedang Asmara
- Pedang Keramat
- Pedang Sinar Emas
- Pedang Ular Merah
- Pek I Lihiap (Pendekar Wanita Berbaju Putih)
- Pembakaran Kuil Thian Lok Si
- Pendekar Baju Putih
- Pendekar Bunga Merah
- Pendekar Cengeng
- Pendekar Gila Dari Shantung
- Pendekar Pemabuk (Kang-lam Tjiu-hiap)
- Pendekar Tangan Sakti
- Pendekar Tongkat Dari Liong-san
- Pengemis Tua Aneh (Ouw-bin Hiap-kek)
- Peninggalan Pusaka Keramat
- Pusaka Gua Siluman
- Rajawali Lembah Huai
- Sakit Hati Seorang Wanita
- Sepasang Rajah Naga
- Si Rajawali Sakti
- Si Tangan Halilintar
- Suling Pusaka Kumala
- Tiga Dara Pendekar Siauw-lim
- Tiga Naga Sakti
- Wanita Iblis Pencabut Nyawa (Toat-beng Mo-li)

> CERSIL JAWA (NUSANTARA)

A. CERITA SERIAL

Seri Keris Pusaka Sang Megatantra
01 Sang Megatantra
02 Nurseta Satria Karang Tirta
03 Badai Laut Selatan
04 Perawan Lembah Wilis
05 Sepasang Garuda Putih

Seri Pecut Sakti Bajrakirana
01 Pecut Sakti Bajrakirana
02 Seruling Gading
03 Alap-Alap Laut Kidul
04 Bagus Sajiwo
05 Kemelut Blambangan

B. CERITA LEPAS
- Asmara Dibalik Dendam Berdarah
- Bajak Laut Kertapati
- Banjir Darah di Borobudur
- Dyah Ratnawulan
- Jaka Galing
- Kemelut di Majapahit
- Keris Maut
- Keris Pusaka Nogo Pasung
- Kidung Senja di Mataram
- Pendekar Gunung Lawu
- Rondo Kuning Membalas Dendam
- Satria Gunung Kidul
- Sejengkal Tanah Sepercik Darah

Omitohud! Siancai Siancai.... capek juga ternyata nulisnya yah, apalagi ini ngetiknya dari hp, keriting jempol dan moto tuwekku! 😂

Monggo wis, silahkan disedot SEMUANYA satu folder Kho Ping Hoo ini, DISINI (hmm kurang baik hati gimana coba saya ini...)


Selamat bernostalgia
Haiiyaaa Ciaaaatt
SALAM PUSTAKA

21 comments:

  1. Replies
    1. OK. Thanks juga, xie-xie, kamsia, haiyaaa...

      SALAM PUSTAKA

      Delete
  2. Terima kasih twako utk kitab2nya

    ReplyDelete
  3. Kamsia sifu, ilmunya boleh di bagi bagikan...hehehe

    ReplyDelete
  4. Kebanyakan tidak bisa donload, gimana caranya?

    ReplyDelete
  5. Maaf mas, tidak bisa di download.

    ReplyDelete
  6. Makasih Banget Mas, Saya suka semua postingannya, love this blog ! <3

    ReplyDelete
  7. Sie sie...
    Kalo mau baca yg seru mulai pertamanya dari mana ya?

    ReplyDelete
  8. Terimakasih semoga semua kebaikan untuk berbagi di balas Allah Subhanahuwataalla

    ReplyDelete
  9. untuk bacanya format pdf ya, ada rekomen apk nya nda untuk mulai baca...

    ReplyDelete
  10. Terima kasih yang Share, Semoga Tuhan berkati.
    Semoga juga semua orang indonesia lebih rajin membaca, dari sana mudah-mudahan lebih banyak lagi orang-orang yang sukses dari tulisannya.

    Salam Pustaka.

    ReplyDelete
  11. MasyaAllah dapat cersil KPH seabarek abrek. Matur Nuwun atas sharing nya.

    ReplyDelete
  12. TK kang...cerita kita rada2 mirip...saya suka kho ping hoo ketika SMP sekitar tahun 1990-1993...

    ReplyDelete
  13. Ada yg masih Format pdf ...
    Mungkin bisa d ganti epub atau Ebook ...
    Soal nya Baca nya Enak Ebook ...
    Trima Ksih Banyak Sekali y ...

    ReplyDelete
  14. Caranya donlot serial Kho Ping Ho gmn ya

    ReplyDelete