.post-body img { max-width:100%; height:auto; } RAK KOLEKSI pok -: FILMOGRAPHY LEGENDA MARTIAL ART BRUCE LEE

Thursday, May 30, 2019

FILMOGRAPHY LEGENDA MARTIAL ART BRUCE LEE

Tanyakan kepada setiap pelaku seni beladiri (martial art) siapa sosok paling berpengaruh di kancah dunia kangouw di jaman modern saat ini? (kita tidak membicarakan dunia kangouw jaman susiok-couw² dari kuil Siauw-liem-pay itu ya 😁) Hampir bisa dipastikan, dari beberapa pilihan nama - yang jumlahnya pasti tidak lebih dari jumlah jari tangan kita - salah satunya, kalau bukan yang teratas, adalah sosok tokoh ini : Bruce Lee.

Sebagai seorang aktor pemain film, dia menjadi sosok revolusioner dalam pembuatan film laga (action). Betapa kuat pengaruhnya dalam dunia perfilman bergenre action tanyakan kepada para sineas & aktor top Hollywood, kiblatnya jagad dunia perfilman dunia. Dalam salah satu film dokumenter diungkapkan keterkaguman dari seorang sutradara terkenal John Woo, aktor laga Samuel L Jackson, Keanu Reeves, sampai Jacky Chen, yang menyebut sosoknya, Bruce Lee, sebagai salah satu "Taihiap (pendekar besar)" di jagad dunia persilatan, baik di dunia layar bioskop, maupun di kehidupannya sehari² di dunia nyata.

Dari sisi saya pribadi ingatan paling kuat tentang tokoh ini adalah memori masa kecil di kota kelahiran saya, Probolinggo Jawa Timur. Beberapa rumah jaraknya dari rumah saya di masa kecil adalah rumah keluarga pemilik perusahaan bus terkenal "Akas". Saat itu sedang trend²nya penggunaan home video player (Betamax/VHS) yang perlahan² menggeser popularitas bioskop & layar tancap sebagai media pemutar film. Nah, entah dengan alasan apa - mungkin sebagai sarana hiburan rakyat untuk warga sekitar - sang pemilik rumah kadang memasang video playernya di garasi busnya, memutarkan film² yang sedang populer saat itu : film india, film jadoel indonesia, dan yang paling sering diputar yang saya inget ya film²nya Bruce Lee ini. Kalau sudah ramai berkerumun orang di garasi bus rumah itu sambil ada teriakan² Wathauuuw Wuuuu.... bisa dipastikan sang jagoan lah yang sedang diputer, dan saya akan ikut berdesak²an menontonnya, tak peduli sudah berapa kali pun saya menontonnya tetep aja asik liat orang ini memainkan jurus²nya 😋

Tidak banyak jumlah film yang sempat diproduksi dan dibintanginya, tercatat hanya 5 film, yang ke-5 irupun tidak sempat diselesaikannya sampai tuntas , karena keburu terjadinya "tragedi dunia persilatan" saat itu : meninggalnya sang aktor. Sesuai kesepakatan semua pihak akhirnya dilanjutkanlah pembuatan film tersebut sampai selesai, dengan menggunakan seorang aktor pengganti - yang bagi saya pribadi sama sekali tidak bisa dibandingkan dengan sosok aslinya. Dari banyak aktor yang telah berusaha mencoba untuk mewarisi dan mengcopy gaya laganya di film, menurut saya pribadi nih ya, zonk semua. Bruce Lee cuma ada satu dan sekali. Bruce Lee, tak akan pernah tergantikan.... bahkan oleh anaknya sendiri yang juga mencoba menapak-tilas jejak karir bapaknya di dunia perfilman, Brandon Lee. Baru kelak di belakang hari secara tidak sengaja saya menemukan - melalui social media youtube - seorang pewaris ilmu Jeet Kune Do-nya di dunia nyata (bukan perfilman) yang gerakan² beladirinya cukup menawan, nyaris sempurna mengingatkan kembali saya tentang bagaimana cantiknya gaya berlaganya sang suhu : Bruce Lee. Tentang sang murid pewaris ini kelak mungkin akan saya sharekan pada posting tersendiri.

Untuk posting kali ini silahkan anda tonton dulu filmography jagoan saya ini, Bruce Lee. Ambil barangnya di rak koleksi saya, di sebelah SINI

DAFTAR JUDUL :
- (1971) The Big Boss
- (1972) The Fist of Fury a.k.a. The Chinese Connection
- (1972) The Way of The Dragon
- (1973) Enter The Dragon
- (1978) Game of Death


Selamat menonton.
Gak usah ikut mancal² dan naik meja!
Wuaaaa Wathauuuw Wuuuuu
SALAM PUSTAKA

No comments:

Post a Comment