.post-body img { max-width:100%; height:auto; } RAK KOLEKSI pok -: KUMPULAN EBOOK CERSIL NUSANTARA KARYA SH MINTARDJA

Tuesday, May 21, 2019

KUMPULAN EBOOK CERSIL NUSANTARA KARYA SH MINTARDJA

Singgih Hadi Mintardja, atau lebih dikenal sebagai SH Mintardja, seorang Mpu penulis cerita silat (Cersil) berseting sejarah kerajaan Nusantara. Beliaulah pioneer dibidang penulisan cerita dengan genre tersebut. Seangkatan dengan Mpu cerita lainnya dari Solo, Kho Ping Hoo, namun dengan ciri khas masing². Jika Kho Ping Hoo lebih banyak menuliskan cerita silat berlatar belakang Tionghoa (meskipun ada juga beberapa karyanya yang juga berseting nusantara), maka SH Mintardja murni memilih jalur khusus di genre cersil nusantara.

Tak kurang dari seorang LKH (Langit Kresna Hariadi) - penulis buku best seller Pentalogi Gajah Mada - pun mengakui bahwa sosok SH Mintardja begitu merasuk mempengaruhi dan menginspirasi gaya tulisannya, sehingga tanpa sungkan dan dengan penuh penghormatan seorang LKH mengakui SH Mintardja sebagai Gurunya dalam hal menulis.

Terus terang, di masa kecil saya, saya sudah pernah juga sebetulnya mendengar gaung kondangnya nama beliau ini di jagad tulis menulis cersil. Namun saat itu entah kenapa saya belum tertarik untuk membaca tulisan² beliau. Seperti pernah saya tulis di artikel sebelumnya, masa kanak² remaja saja lebih banyak diisi dengan tumpukan bacaan buku²nya Kho Ping Hoo dengan cersil Tiongkok. Atau kalaupun baca cersil Jawa saya lebih memilih komik² silatnya Ganes TH, Jan Mintaraga, dll. Baru belakangan ini, justru setelah saya tamat membaca buku pentalogi Gajah Mada-nya LKH, terpesona dengan keindahan seting & gaya bertuturnya, dan kemudian mengetahui bahwa sang penulisnya terinspirasi oleh sosok SH Mintardja, nah baru saya mulai penasaran mulai berburu mencari tahu lebih dalam tentang SH Mintardja dan karya²nya dulu. Beruntungnya saya, somehow (ndilalah boso jawane) kok saya menemukan bahwa ternyata buanyak para fans die-hard-nya beliau yang dengan sangat berdedikasi berkenan bersusah-payah mendokumentasikan koleksi buku²nya, men-scan, mengedit, dst sampai akhirnya bisa dinikmati kembali di jaman sekarang dalam bentuk buku digital, yang lebih neat, sophisticated, tidak lusuh kumal berdebu kayak buku² jadoel aslinya 😁. Saya harus menyebut sosok "kangzusi" dengan websitenya "Tirai Kasih" yang telah berjasa besar mengangkat kembali pustaka berharga negeri ini : Mpu Singgih Hadi Mintardja.

Selengkapnya tentang profil SH Mintardja, anda bisa membaca artikel INI

Berikut kumpulan ebook cersil karya SH Mintarja yang sudah tersimpan di rak koleksi saya, monggo disruput 👇


DAFTAR JUDUL :

- Seri API DI BUKIT MENOREH, Jilid 1-396 (epub),
belum tamat sampai dengan meninggalnya penulis.

01 Bunga di Kaki Gunung Kawi (epub)
02 Bara diatas Singasana (epub)
03 Sepasang Ular Naga di Satu Sarang (pdf)
04 Panasnya Bunga Mekar (pdf)
05 Hijaunya Lembah Hijaunya Lereng Pegunungan (pdf)


01 Suramnya Bayang-Bayang (pdf)
02 Sayap-Sayap Yang Terkembang (pdf)

- Seri Arya Manggada :
01 Menjenguk Cakrawala (pdf)
02 Mas Rara (pdf)
03 Sang Penerus (pdf)
04. Sejuknya Kampung Halaman (pdf)
05 Matahari Senja (pdf)

01 Matahari Esok Pagi (pdf)
02 Istana Yang Suram (pdf)

- Bunga di Batu Karang (pdf)
- Jejak di Balik Kabut (pdf)
- Kembang Kecubung (pdf)
- Mata Air di Bayangan Bukit (pdf)
- Meraba Matahari (pdf)
- Naga Sasra dan Sabuk Inten (epub)
- Tanah Warisan (pdf)
- Tembang Tantangan (pdf)
- Yang Terasing (pdf)


Sugeng maos
SALAM NUSANTARA

5 comments:

  1. Sungguh sebuah kisah perjalanan budaya dg langgam cerita yang sangat terasa sbg nutrisi budaya yg adiluhung

    ReplyDelete
  2. Terima kasih ijin download

    ReplyDelete
  3. Mas, saya pengin punya lagi seri Cersil Nogososro dan Sabuk inten yg 29 buku, apa ada pdf nya ?. Matur nuwun.

    ReplyDelete