.post-body img { max-width:100%; height:auto; } RAK KOLEKSI pok -: EBOOK CERSIL NUSANTARA SERI SENOPATI PAMUNGKAS, KARYA ARSWENDO ATMOWILOTO

Saturday, May 25, 2019

EBOOK CERSIL NUSANTARA SERI SENOPATI PAMUNGKAS, KARYA ARSWENDO ATMOWILOTO

Arswendo Atmowiloto adalah salah satu sosok penulis senior, penulis multigenre, tulisannya membentang dari konsumsi anak²/remaja sampai kakek nenek, mulai dari cerita silat, novel roman, dll. Mungkin cuma buku resep masakan yang dia belum tulis πŸ˜€ atau jangan² itu pun sudah pernah dia tulis, dan saya tidak tahu??

Semua hal dia tulis, dan semuanya bagus, setidaknya menurut saya barangkali. Sudah pernah saya tulis di artikel sebelumnya, pertama kali saya mengenal sosok Arswendo adalah melalui bacaan favorit saya semasa kecil, majalah HAI. Cerita berserinya tentang si detektif cilik Imung selalu saya tunggu dengan antusias setiap kali penerbitan. Begitu juga kolom asuhannya, masih di majalah yang sama, "Mengarang Itu Gampang".

Menginjak masa yang lebih dewasa, semakin bnyak saya menemukan tulisan dan buku²nya, dengan topik & genre beragam. Pada jamannya penulis ini termasuk yang cukup sangat produktif. Sampai akhirnya di satu masa, saya lupa tahunnya, dia tersandung suatu masalah (kasus penistaan agama kalau tidak salah, cmiiw) sehingga dia akhirnya harus berurusan dengan hukum dan harus mendekam selama beberapa waktu di lembaga pemasyarakatan (bahasa halus dari penjara). Selepas masa² suram tersebut dia masih lanjut menulis, namun entah bagaimana dan kenapa, popularitasnya sudah semakin menurun tajam, masa keemasan dan kejayaan sudah terlewat agaknya.

Diantara banyak bukunya, ada satu yang paing unik menurut saya, serial novel silat berlatar-belakang sejarah "Senopati Pamungkas", dan judul lanjutannya "Tembang Tanah Air" yang berhenti pada buku ketujuh dan tidak pernah ditamatkan sampai saat ini, setelah penulisannya terputus seiring dengan masuknya dia ke balik jeruji besi. Nampaknya dia mengalami semacam kefrustasian serta kehilangan mood untuk menulis lagi.

Unik, karena cuma di buku ini sajalah Arswendo menuliskan cerita bergenre cerita silat. Tidak ada lagi bukunya yang lain selain Senopati Pamungkas dan Tembang  Tanah Air yang bergenre serupa, cerita silat. Keunikan kedua, soal tebalnya. Begitu tebalnya buku ini sampai LKH (Langit Kresna Hariadi) pun mengatakan bahwa buku Senopati Pamungkas ini tebalnya "dah kayak bantal!" 😁 (padahal buku Gajah Mada-nya sendiri kalau ditumpuk jilid 1-5 mungkin tingginya melebihi buku Senapati Pamungkas).

Berikut saya share-kan kedua buku cersil karya Arswendo tersebut, cekidot πŸ‘‡




Arswendo Atmowiloto - Tembang Tanah Air (buku 1-7, tidak tamat, djvu)












Selamat membaca
SALAM PUSTAKA

19 comments:

  1. terimakasih sudah berbagi koleksinya

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Berita hari ini: telah berpulang hari ini tokoh budayawan Indonesia ini. Selamat jalan Arswendo Atmowiloto... may you rest in peace

    ReplyDelete
  4. Bang admin,,, gue mohon ijin download semua PDF buku novel karya arswendo untuk gue baca. Semoga abang admin diberkahi sehat badan panjang umur sekeluarga rejeki melimpah ruah dan selalu taat ibadah.

    Makasih bang admin

    By hermawan cikarang bekasi Jawa barat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Monggo silahken... senang bisa berbagi dg sesama pecinta buku

      SALAM PUSTAKA

      Delete
  5. Bang admin, sekalian ijin download gajah Mada karya langit Kresna juga,,, ok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siaap <😢 monggo langsung dijedot ajah...

      SALAM PUSTAKA

      Delete
  6. Salam hangat & apresiasi buat bang admin.
    Ikut berduka cita sedalam dalam nya Indonesia telah kehilangan sosok penulis yg luar biasa. Selamat jalan bung Arswendo....

    ReplyDelete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  8. Sekilas info, novel silat arswendo bukan hanya senopati pamungkas dan tembang tanah air, ada satu lagi yaitu sukma sejati

    ReplyDelete
  9. Saya waktu kuliah, saban cair beasiswa selalu beli buku ini. Setelah sy penempatan di medan, buku raib entah ke mana

    ReplyDelete
  10. Terimakasih telah berbagi.
    Salam literasi...

    ReplyDelete
  11. Terima kasih. Jadi ingat lagi masa muda ...

    ReplyDelete
  12. Terima kasih sudah berbagiπŸ™πŸ™πŸ™

    ReplyDelete
  13. Assalamualaikum.
    Om untuk tembang tanah air nyuwun yang versi PDF atau Doc atau bisa baca disini . Pleaseeeeeee

    ReplyDelete
  14. untuk tembang tanahair adakah versi pdf nya?

    ReplyDelete
  15. Terima kasih ijin download

    ReplyDelete