.post-body img { max-width:100%; height:auto; } RAK KOLEKSI pok -: KUMPULAN EBOOK CATATAN PINGGIR, GOENAWAN MOHAMAD

Saturday, May 18, 2019

KUMPULAN EBOOK CATATAN PINGGIR, GOENAWAN MOHAMAD

GM begitu inisial populer sosok budayawan ini. Sebagai seorang jurnalis, sastrawan, budayawan, sekaligus pemerhati sosial, sosok penting dibalik masa² awal kejayayaan majalah Tempo di tahun² 80-90an ini cukup kontroversial berkaitan dengan jatuh bangunnya eksistensi majalah tersebut, terutama karena sikap represif rezim Orde Baru saat itu. Sebagai pemred (pemimpin redaksi) majalah tersebut, GM bahkan sempat harus merasakan dinginnya sel penjara karena sikap kritisnya. Bisa dihitung jari orang² yang berani bersikap berlawanan dengan kekuasaan di atmosfir penuh tekanan saat itu, GM salah satunya.

Melalui kolom regulernya di majalah itu - dia beri title CATATAN PINGGIR (CAPING) - GM mendokumentasikan catatan pribadinya tentang potret kondisi sosial saat itu, terkadang juga menyerempet ke masalah politik, dengan kejernihan nurani dan logika akal sehat yang tidak terlalu frontal sebetulnya, setidaknya menurut penilaian pribadi saya yang mengalami betul masa² saat itu.

Sempat mengkoleksi terbitan awal buku versi cetaknya yang jilid 1-4, saya senang sekali ketika Gramedia group (perusahaan induk dari majalah Tempo) menerbitkan "klipping" kolom Catatan Pinggir ini dalam bentuk buku. Saya tidak perlu lagi repot menunggu atau mencari edisi majalahnya jika ingin membaca topik tertentu yang ingin saya cari. Karena terus terang saja saya juga tidak sempat berlangganan majalah ini dikarenakan mobilitas domisili saya yang masih sering harus berpindah²... maklum anak kost 😊, sehingga seringkali juga ada edisi yang kelewatan tidak terbeli.

Kemudian - di jaman era digital saat ini - saya lebih senang juga karena menemukan versi ebook dari buku favorit ini, bahkan jauh lebih lengkap, sampai jilid 12! Adalah blog Pustaka-Indonesia tempat dimana saya mendapatkan file² ini. Salah satu blog penyedia ebook paling jempolan di Indonesia saat ini, koleksinya mauuut! 👍👍👍👍 Salut untuk Pustaka-Indonesia.


Berikut kumpulan ebook CATATAN PINGGIR yang sudah ada di rak koleksi saya, donlot DISINI

BONUS :
> Goenawan Mohamad - Setelah Revolusi Tak Ada Lagi (kumpulan tulisan GM selama 33 tahun)
> Goenawan Mohamad - Lakon Dalam Empatbelas Adegan (naskah drama jatuhnya Raja Amangkurat)


I Love Indonesia ✊
SALAM PUSTAKA

7 comments:

  1. Makasih mas atas PDFnya. Sgt membantu utk saya yg mengidolai pak GM

    ReplyDelete
  2. tengkyu bang pdf-nya. I Love u GM

    ReplyDelete
  3. terimakasih banyak ya broku

    ReplyDelete
  4. Terimakasih banyak atas pdf..semoga berkah dan jadi amal jariyah

    ReplyDelete
  5. kalu catatan pinggir tiada episod ke 13?

    ReplyDelete
  6. Terim kasih banyak pak, semoga barokah

    ReplyDelete
  7. Saya coba dl dari situs aslinya, setengah mampus gak bisa bisa. Kebanyakan sudah hilang filenya. Dan ternyata disini semua bisa tanpa ribet tanpa adsense. Serasa nemu harta karun, karena saya penggila Catatan Pinggir.
    Berjuta juta terimakasih saudaraku.

    ReplyDelete