.post-body img { max-width:100%; height:auto; } RAK KOLEKSI pok -: KUMPULAN VIDEO DOKUMENTER ROCK CLIMBING SERI "MASTERS OF STONE"

Wednesday, May 29, 2019

KUMPULAN VIDEO DOKUMENTER ROCK CLIMBING SERI "MASTERS OF STONE"

Ketika masih mahasiswa dulu saya sempat aktif di kegiatan kepecinta-alaman. Sempat menjadi ketua organisasi malah di jurusan tempat saya kuliah, meskipun itu juga karena "ketiban sampur" saja karena dipaksa para tetua sebelumnya untuk melanjutkan organisasi selepas kelulusan mereka, agar tidak mati organisasinya.

Salah satu hal heboh di dunia kangouw pernaik-gunungan saat itu adalah keidatangan seorang rock climber dunia asal Perancis ke Indonesia, Patrick Berhault. Sempat mampir ke Surabaya dan menjajal salah satu tebing tinggi disini - tebing Sepikul di kawasan hutan Watulimo, Trenggalek. Tebing ini adalah tebing tertinggi di Jawa Timur, dan sekarang sudah dijadikan salah satu tujuan wisata khusus, wisata panjat tebing, jalurnya sudah dipasangi besi pengaman untuk keamanan bagi para pengunjung non pemanjat profesional. Saat kedatangan si om Patrick dulu tebing ini masih "perawan".


Saya ingat pernah mencoba bersama tim klub memanjat tebing setinggi ± 300-400m ini, cuma berhasil mencapai ketinggian tidak sampai separuhnya... karena hari sudah telanjur sore dan kami tidak merencanakan untuk pemanjatan dengan menginap di tebing. Saya tahu sendiri "mulusnya" tebing disana sehingga untuk tingkatan kami nyaris mustahil rasanya bisa menyelesaikan pitchnya tanpa menggunakan bolt. Sekedar info, di dunia rock climber penggunaan peralatan artifisial bolt ini boleh dibilang sedapat mungkin haram dilakukan, karena bentuk fisiknya yang memang berupa semacam baut yang harus dipakukan ke tebing. Kenapa haram, karena penggunaannya berarti secara harafiah merusak keaslian alamiah tebing, berlawanan semangatnya dengan tujuan menjaga keaslian alam uang seharusnya diemban semua pelaku kegiatan kepecinta-alaman.

Nah, saat itu si om Patrick rencananya datang kesana, langsung melakukan pemanjatan secara "on-sight". Dan itu dilakukannya. Meskipun akhirnya tidak tercapai juga tujuan semula (menyelesaikan keseluruhan pitch dalam sehari), namun paling tidak demonstrasi skill memanjatnya mampu membelalakkan mata kami semua. Titik terjauh tempat kami menghentikan percobaan pemanjatan kami dahulu, dengan enteng dan beautifully dilewatinya dengan mudahnya, hanya dalam beberapa menit pemanjatan saja!

Pada kesempatan pertemuan sesudah demo pemanjatan mulailah kami penasaran setengah mati dan mencari tahu, siapa sih sosok Patrick Berhault ini. Dan kebetulan pada momen itu si Patrick juga berkenan membagi²kan video documentary pemanjatan²nya. Saat itu belum ada yang namanya internet dan youtube. Video dokumenter yang dibagi²kan Patrick itupun masih dalam bentuk primitif, kaset video betamax, yang sekarang sudah punah penggunaannya. Jadilah kaset video yang dibagi²kan per klub itu menjadi semacam harta wasiat berharga bagi kami para pecinta alam Indonesia.

Hehehe kok jadi ceritanya panjang lebar soal Patrick Berhault ya?? Padahal tujuan utama tadinya share kali ini adalah video dokumenter rock climbing seri "Masters of Stone" yang tidak ada om Patrick ini di dalamnya 😁 Yo wis gpp lah. Saya janji di posting mendatang akan saya share juga videonya om Patrick tersebut. Saat ini masih dalam proses antrean untuk upload. Kebetulan yang sudah saya upload duluan ke rak koleksi adalah video Masters of Stone ini, ya sudah nikmati dulu yang ini ya.... Gak usah protes! 😁

Ya sudah, karena sudah kepanjangan tulisannya, untuk Master of Stone ini gak usah pakai narasi lagi ya, langsung saja embat videonya DISINI

Catatan :
Masters of Stone volume 04 tidak ada, susah sekali cari link sumbernya. Kalau gak salah saya dapat videonya ini juga dulu dari torrent, saya coba cari lagi kok sudah gak nemu dimana². Tapi gpp, no big deal lah, karena di DVD aslinya volune 04 ini sebenarnya semacam kompilasi saja dari volume 01 & 03 yang sudah ada di rak saya.


OK lads, enjoy it and keep rockin' ! ✊ 
SALAM PUSTAKA

No comments:

Post a Comment