.post-body img { max-width:100%; height:auto; } RAK KOLEKSI pok -: KUMPULAN REKAMAN NIGHTMARE SIDE, ARDAN FM BANDUNG

Wednesday, September 11, 2019

KUMPULAN REKAMAN NIGHTMARE SIDE, ARDAN FM BANDUNG

Senada dengan posting sebelum ini, yang ini rekaman acara radio serupa, namun dari stasiun radio Ardan FM Bandung. Nama acaranya juga mirip, sama² menggunakan kata nightmare. Yang ini bertajuk "Nightmare Side".

Meskipun mirip tentu tidak bisa dibilang sama persis antara kedua program acara tersebut. Ada beberapa hal yang membedakan. Diantaranya yang paling utama adalah formatnya. Nightmare Side berformat penceritaan ulang, semacam illustrasi audio yang dikemas dalam bentuk "drama radio", sifatnya searah. Sementara Nighmare on the Air berformat interaktif, dua arah.

Perbedaan lainnya adalah dalam hal kejelasan identitas lokasi. Di program Nightmare on the Air identitas lokasi sedapat mungkin dirahasiakan, dengan pertimbangan satu dan lain hal. Sementara di program Nightmare Side justru dilakukan sebaliknya, entah untuk kepentingan dramatisasi atau apa. Saya tidak tahu persis alasan persisnya dibalik masing² kebijaksanaan.

Bagi saya pribadi sih, jujur - gak tau kenapa - saya merasa lebih sreg aja dengan program Nightmare on the Air nya Imelda FM. Nightmare Side bagi saya kadang terasa "agak lebay" dan dibuat², tidak real... sehingga kadang suasana mencekam yang saya cari justru tidak bisa saya dapatkan. Tapi kembali lagi ini soal selera sih. Des gustibus non est disputandum. In matters of tastes, there can be no disputes. Soal selera, gak usah dipertentangkan.

Kembali ke soal kemiripan, kedua acara mistis tersebut memang mirip, meskipun tetap berbeda. Saya tidak tahu persis, mana yang lebih dahulu on air, tayang di udara. Saya cuma menebak kayaknya sih yang Bandung lebih tuaan alias lebih duluan kali ya?? CMIIW 🙏

Dari sisi popularitas juga boleh dibilang program Nightmare Side lebih populer nampaknya. Penggemarnya lebih luas cakupannya. Saya hanya menduga soal ini, karena yang saya jadikan sebagai ukuran hanya kepopulerannya di mesin pencari jagat maya. Coba anda search di google atau youtube dengan kata kunci "nightmare", maka mostly yang muncul adalah program Nightmare Side nya Ardan FM. Kepastiannya sih saya tidak tahu persis ya. Wallahualam. Di sisi lain juga jujur saya tidak terlalu peduli soal itu hehehe....

OK, langsung saja ya, silahkan anda ubek² sendiri koleksi rekaman program acara Nightmare Side Ardan FM itu di Rak Koleksi pok SEBELAH SINI

CATATAN :
> Untuk format penamaan file saya pakai aturan seperti pada koleksi file Nightmare on the Air, yaitu YYMMDD. Demi kerapian manajemen file (biasanya sesapat mungkin saya selalu ketat dalam hal ini, kebiasaan pribadi sih) biasanya dulu begitu saya dapatkan file mp3 nya (dari berbagai sumber di internet) saya langsung sekalian "atur ulang" tag-id filenya. Gunanya adalah untuk kerapian sorting file pada saat folder mp3 nya saya load ke audio player di device, karena pada dasarnya audio player meng-sort fille berdasarkan id-tag nya, bukan nama filenya. Jadi meskipun title/nama file sudah kita urutkan, jika tagnya tidak kita ubah sekalian, ketika diload ke player akan tetap acak²an. Sayangnya, karena kesibukan, usaha merapikan tag-id ini saya tinggalkan, saya biarkan saja apa adanya seperti aslinya saat file selesai saya download.
> Karena koleksi ini sifatnya masih open, selalu akan ada file baru setiap minggunya, karena program acaranya sendiri sampai saat ini masih terus berjalan, maka link yang saya berikan tersebiut diatas adalah koleksi rekaman yang sudah ada, yaitu rekaman dari tahun 2010 sampai dengan bulan Mei 2019 (sebelum puasa Ramadan 2019). Untuk koleksi rekaman selanjutnya akan saya update dalam bentuk link sendiri nanti. Updatenya disini juga. Jadi bagi yang berminat silahkan stay tune aja dipostingan ini ya...



Selamat menikmati,
....aaouuuuuuww
SALAM PUSTAKA

No comments:

Post a Comment