.post-body img { max-width:100%; height:auto; } RAK KOLEKSI pok -: KUMPULAN REKAMAN NIGHTMARE ON THE AIR, IMELDA FM SEMARANG

Tuesday, September 10, 2019

KUMPULAN REKAMAN NIGHTMARE ON THE AIR, IMELDA FM SEMARANG

Pernah punya pengalaman mistis, bersinggungan dengan alam tak kasat mata? SAYA PERNAH! 😁😰😳

Ceritanya, semasa saya masih kecil (lupa persisnya kapan, pokoknya tahun² 70an lah) saya dan kedua kakak main ke rumah sebelah, tetangga yang masih terhitung saudara lah. Diantara rumah saya dan tetangga itu ada halaman luas yang gelap remang² (tahu sendiri lah kondisi penerangan listrik jaman segitu), ditanami pepohonan pisang dll, termasuk satu pohon kedondong besar. Nah, malam semakin larut, tiba waktunya kami harus pulang. Dengan berlari² kecil ala kanak² kamipun menyeberangi halaman temaram itu. Dan DISANA, di bawah pohon kedondong besar itu, nampaklah oleh kami penampakan itu! Sesosok nenek tua, jalan kethemik², dengan pakaian kebaya dan jarik, jalan searah dengan kami menuju rumah. Saya melihat persis, karena dia berada tepat disamping sebelah kanan kami. Sosoknya "glowing", bercahaya, namun transparan... di bagian kaki semakin pudar dan menfhilang (alias tidak terlihat menapak tanah, seperti melayang). Begitu nampak jelas sosok itu bagi kami, sehingga sontak jantung ini serasa sudah auto lompat ke tenggorokan 😀

Kakak² saya otomatis berteriak: "HOPOO IKUUU...?!" dan.... lari terbirit² meninggalkan saya! Sementara saya masih terlalu imut untuk bisa berlari kencang, hanya bisa mengumpat dalam hari sambil tertatih² mencoba berlari sekencang saya bisa, menyusul kakak² saya. Bangs***t!!! 😂😂😂

Dengan napas yang masih ngos²an, berusaha sebisa mungkin mengembalikan jantung dari tenggorokan ke tempatnya semula, di rumah... saya tanya ke nenek, "mbah, jik tas soko njobo tah mbah?". Tentu saja, seperti sudah saya duga, mbah dengan terheran² menjawab: "gak iku lĂŠ..."

Masih penasaran, saya coba periksa pintu belakang rumah kami yang mengarah ke halaman kebon pisang itu. Seperti yang juga sudah saya duga, terkunci rapat!  Hahahah.... asyuuuu

Tapi ya sudahlah, saya simpan sendiri pengalaman dan pertanyaan itu untuk diri sendiri, saya bawa jauuuh sampai ke masa tua sekarang ini, baru saya ceritakan ulang ke kakak dan teman² terdekat.

Cerita lain, masih di masa yang sama, satu hari (siang hari) saya bermain di halaman dengan adik bungsu saya. Tiba², adik saya seperti terdiam beberapa saat, lalu berjongkok, menggambar di tanah dengan megguratkan jarinya, sambil berkata kepada saya: "ini bapak...!"

Oyah sedikit info tentang adik bungsu ini, dia lahir tepat sehari setelah meninggalnya bapak kami, tahun 1970, saat saya masih berusia 3 tahun. Jadi, adik ini tidak pernah berkesempatan mengetahui bapaknya seumur hidup, yatim dari lahir.

Beberapa hari berikutnya setelah kejadian itu (yang juga tidak pernah saya ceritakan ke orang lain), suatu malam, kira² jam 8-9an malam lah... kami sekeluarga bercengkerama di ruang keluarga sambil menonton TV. Tiba², adik ini jalan ke arah pintu depan yang terbuka, tangannya membuka seolah² hendak merangkul seseorang, sambil berseru: "Looh bapaaak....!!" 😵

Saya masih ingat persis, ibu saya kontan melompat merengkuh adik, buru² menutup pintu depan, dan membawa adik masuk ke kamar. Kami kakak²nya, hanya bisa tercekat saat itu... tidak tahu harus bersikap bagaimana. Dibilang takut juga nggak juga sih, karena bagaimanapun kami (saya paling nggak) menganggap toh yang "datang" itu bapak kami sendiri, yang kami sayang, cintai dan kami rindukan kehadirannya kembali. Tapi sekaligus juga ada perasaan merinding gimanaaa gitu saat itu.

Nah, dengan tiga pengalaman pribadi tersebut, entah kenapa saya jadi agak merasa sedikit sensi. Ada kala² tertentu, disaat saya berada di suatu tempat, yang mungkin bagi orang lain biasa² saja, somehow... kadang saya merasakan badan ini merinding, lalu perasaan saya mengatakan "ada sesuatu nih disini..." dan saya selalu meyakini kebenaran "alarm" ini, meskipun saya tidak bisa lagi membuktikannya dengan melihat langsung penampakannya. Satu²nya penampakan mistis yang saya alami secara visual selama hidup ya yang dibawah pohon kedondong itu.

Perkembangan berikutnya yang terjadi saat itu pada diri saya adalah, dalam anggapan saya, saya menjadi seorang yang penakut. Masuk ke kamar gelap sendiri takut, jalan sendiri ke tempat gelap & sepi takut, dst... Sampai di titik kejenuhan, dimana saya akhirnya mengatakan kepada diri saya sendiri, tidak bisa saya hidup dengan perasaan selalu dikejar perasaan takut seperti ini... cukup sampai disini!

Semenjak deklarasi kebulatan tekad itulah, mulai saya latih diri saya sendiri, untuk selalu menantang dimana dan kapan saya mulai dicekam rasa merinding itu, justru sengaja saya paksa diri saya untuk menghadapinya. Berulangkali saya coba, kali ini dengan sengaja, jalan sendiri malam² ke kebon pisang gelap di samping rumah itu, atau pergi ke kamar mandi di sumur belakang rumah, dengan sengaja tanpa menyalakan lampunya. Saya nikmati denyar rasa ketakutan saya, sampai titik terkuat, dan saya akhirnya bisa berkata dalam hati "nah kan, terbukti tidak ada apa pun lagi, tidak terjadi suatu apapun lagi, yang kita anggap sebelum itu menakutkan..." Sekali, dua kali, dan seringkali, "test" itu saya ujikan ke diri saya sendiri, sampai disuaru masa ketika akhirnya saya menyadari, perasaan "sensi" itu sudah tidak ada lagi pada saya, perasaan takut terhadap hal² "gituan" sudah lenyap dari diri saya. Mulai saat itulah saya kira, entah kenapa saya jadi terbiasa dan "keranjingan" menonton film² horror, baca buku² atau dengerin acara radio cerita mistis, dll. Senang, terbiasa, dan jadi ketagihan, merasakan bahwa sekarang saya bisa menghadapi semua itu, tanpa harus lagi merasa takut. Mungkin ini agak tepat untuk pembuktian empiris adagium dalam teori ilmu psikologi: untuk menghilangkan suatu fobia, biasakan dengan pengalaman berinteraksi dengan sumber fobia tersebut. Orang takut kecoa (seperti saya juga 😂), karena semacam trauma psikologis masa lalu, hilangkan... dengan cara sesering mungkin menghadapi (tanpa harus lari tunggang-langgang) begitu ada kecoa tiba² terbang dan hinggap di badan anda, hahahaha asyuuu eh corrooo!

Kembali ke topik, nah ini dia salah satu acara horror favorit saya, acara radio setiap kamis malam di stasiun radio IMELDA FM Semarang, Nightmare on the Air. Saya ingat ketika secara tidak sengaja, di suatu malam (malam Jumat), ketika saya sedang mencari acara radio yang enak dan cocok untuk menemani istirahat saya di tempat kost sepulang kerja (saya belum lama menjalani masa penempatan tugas di Semarang, sekitar tahun 1994 kalau tidak salah), ketemulah saya dengan acara radio ini. (Jika anda baru sadar, sudah cukup tua loh ternyata umur program acara radio ini, kl sudah sekitar 25 tahunan!). Saya langsung excited. Meskipun saat itu saya ingat acara radio interaktif ini belum tertata rapi programnya seperti saat ini. Masih sering ada penelepon iseng, yang ternyata cuma bercanda ngerjain penyiarnya, dll... Belum ada narasumber saat itu. Satu yang paling menggelikan yang saya ingat, suatu ketika sang penyiar (saya lupa namanya) sedang menunggu interaksi telepon dari pendengar, kemudian ada telepon masuk (belum ada prosedur pemfilteran saat itu), dan dipersilahkanlah si penelepon untuk menceritakan pengalaman mistisnya. Suasana sudah mencekam saat itu, dengan segala backsound dan nuansa mistis yang dihadirkan, pelan² si penelepon bercerita: ".... dan tiba² saya melihat sesosok hitam, memakai baju hitam-hitam, kemudian dia menoleh kepada saya, matanya melotot, dan mengatakan sesuatu... katanya, pakai hitam? siapa takut..." Hahahahaha..... sampai ngakak saya mendengar tagline dari sebuah iklan shampoo itu 😂 Saya masih ingat persis ekspresi kejengkelan sang penyiar dengan langsung memutus sambungan telepon dan menfungkapkan kalimat kejengkelannya dengan nada mengancam, mengutuk supaya sang penelepon beneran didatengi segala macam makhluk halus malam itu. Wkwkwkwk....

Nah berikut ini saya share koleksi rekaman acara Nihtmare on the Air tersebut (format mp3, beberapa hasil download dari internet, sisanya - mostly - hasil rekaman saya sendiri). Oyah, yang saya koleksi ini kebetulan hanya acara yang dinarasumberi oleh narasumber favorit saya, MAS BO (sugeng dalu mas, nuwun sewu...). Bagi yang berminat untuk rekaman narasumber lainnya, mbak Sukma misalnya, narasumber Nightmare on the Air saat ini, monggo silahkan cari sendiri di sumber sharing lain, di channel youtube "Malam Jumat FM" misalnya atau sumber lain.

CATATAN :
Untuk penamaan file, title/judul setiap episode saya gunakan format YYMMDD. Jadi misalnya file dengan title 121122.mp3 berarti itu adalah rekaman acara tanggal 22 Nopember 2012. File yang berhasil saya koleksi adalah rekaman dari akhir tahun 2012 sampai dengan masa² berakhirnya periode kepenyiaran mas Bo, tahun 2017.

Bagi penggemar mistis, monggo langsung merapat, silahkan menikmati koleksi Nightmare on the Air versi Mas Bo, filenya ada di Rak Koleksi pok SEBELAH SINI



Selamat mendengarkan, nuwun sewu 🙏
.... aaoouuuuuuuuuwww ....
SALAM PUSTAKA

4 comments:

  1. Replies
    1. Loh iya 😱
      Ada apa ini dg mega.nz?? Seluruh file yg udh aku upload ke account itu lenyap semua!! Omaigoot... termasuk file² horor lainnya (nightmare side ardan bdg & kemistri ebs sby).

      Apa gerangan ini yg terjadi??
      B*NGSD! 😡

      Delete
    2. Minta link file nya lagi bro

      Delete
  2. Bang tolong upload lagi dong file nya, buat link baru mega.nz

    ReplyDelete