.post-body img { max-width:100%; height:auto; } RAK KOLEKSI pok -: KUMPULAN EBOOK TULISAN TAN MALAKA (1897-1949)

Thursday, April 11, 2019

KUMPULAN EBOOK TULISAN TAN MALAKA (1897-1949)

Eh lama juga ternyata saya tidak mengupdate gudang koleksiku ini yah 😋, seperti sudah pernah saya bilang saya tidak ngoyo menulis di blog ini, tidak ada maksud sama sekali untuk menjadi tenar dengan banyaknya pengunjung hehehe.... wong ini cuma sekedar dokumentasi koleksi pribadi kok, ada yang mampir nggih monggo gak ada yang tertarik pun I don't care at all 😋 Orang perancis bilang: alon-alon waton kelakon....

Beberapa hari ini selain sibuk mendampingi putri kesayangan si Cinta menjalani USBN-nya, juga kesibukan menyelesaikan tanggungan bacaan² saya yang masih menggunung untuk ditamatkan.

Nah ceritanya nih, kemarin itu saya iseng menengok salah satu sumber pustaka ebook saya yang sudah lama gak saya jenguk: Pustaka Gamapi Fisipol UGM, buanyaaak buku bagus disitu sebetulnya. Niat sih sebenernya kemarin itu saya mau share link Pustaka Gamapi tersebut ke seorang teman baik saya dari semasa SMA sampai sekarang; Gus Liem (Muhammadiyah Agus Musliem nama aslinya). Teman ini berkarir sebagai seorang politikus saat ini, selain keaktifannya sebagai seorang pimpinan di salah satu organisasi kepemudaan.

Singkat cerita, ketika saya send link tersebut ke beliaunya eh dia protes, kok kosong semua foldernya.... mana buku²nya?? HAAAHHH.... kaget saya. Dan memang ternyata setelah sebentar saya googling, sudah lama sebenarnya shared link kepustakaan berharga itu ditutup alias di-off-kan shared statusnya, sejak 2017 lalu. Entah apa sebabnya, wallahu'alam. Hadeeeh.... menyesal minta ampun saya gak segera saya donlotin semua barang berharga harta karun disana dulu itu. Dari sejibun buku, dari berbagai genre, disana.... cuman satu folder Tan Malaka ini yang sempat saya ambil.... Ow-Em-Jiiii

Nah untuk sedikit mengobati rasa menyesal saya, berikut saya shared kumpulan tulisan Tan Malaka itu.

Oyah, sekedar info, beliaunya ini (Tan Malaka) dikenal sebagai tokoh aliran kiri. Jadi tentu saja tulisan² di buku²nya ini juga mengarah kesitu² juga. Tidak ada korelasinya dengan paham/pemikiran yang saya anut. Secara pribadi, jujur saja sebenernya saya tidak berminat sama sekali sih ke isi pemikiran² disisi sana itu, baik dari Tan Malaka sendiri ataupun dari tokoh² kiri lainnya, di Indonesia ataupun diluar. Namun tidak berarti saya antipati/alergi untuk mengetahui apa & bagaimana sih disana itu. Sebagai seorang yang selalu percaya pada kebebasan berpikir dan berkeyakinan saya sudah terbiasa dari dulu untuk selalu mencoba melihat segala sesuatu di dunia ini dari segala kemungkinan perspektif. Dilain hal, saya tahu sahabat saya Gus Musliem ini penggemar tulisan² beliaunya Tan Malaka ini. Jadi sharing saya kali ini memang khusus saya dedikasikan untuk sahabat saya Gus Liem. Monggo dipun sedot Gus.... 😉

DAFTAR BUKU :
- Majalah Tempo - Bapak Republik Yang Dilupaka
- Tan Malaka - (1921) Parlemen atau Soviet
- Tan Malaka - (1921) Si Semarang dan Onderwijs
- Tan Malaka - (1922) Komunisme dan Pan-Islam
- Tan Malaka - (1925) Naar de Republiek Indonesia,
                                Menuju Republik Indonesia
- Tan Malaka - (1926) Aksi Massa
- Tan Malaka - (1926) Semangat Muda
- Tan Malaka - (1943) Madilog
- Tan Malaka - (1945) Manifesto Jakarta
- Tan Malaka - (1945) Muslihat
- Tan Malaka - (1945) Politik
- Tan Malaka - (1945) Rencana Ekonomi Berjuang
- Tan Malaka - (1948) Gerpolek, Gerilya-Politik-
                                Ekonomi 

Linknya klik DISINI ya....

Selamat membaca, sugeng maos
SALAM PUSTAKA

PS :
Oyah, barangkaliiiiii ada teman² pengunjung blog ini yang kebetulan tahu eh misalnya link sharednya Pustaka Gamapi ndilalah di-on-kan lagi, saya tolong dibisiki yaaa.... Atau barangkali juga ada pengunjung yang kebetulan sudah sempat menyedot buku² pustaka disana boleh dong dibagiin ke saya hehehe..... *ngarep.com

5 comments: