.post-body img { max-width:100%; height:auto; } RAK KOLEKSI pok -: KARYA LENGKAP PROF. DR. NURCHOLIS MADJID (CAK NUR) 1939-2005

Wednesday, March 20, 2019

KARYA LENGKAP PROF. DR. NURCHOLIS MADJID (CAK NUR) 1939-2005

Cak Nur, demikian panggilan akrab beliau, adalah salah satu dari tidak banyak sosok yang pernah menjadi yah katakanlah semacam idola/patron di masa² kemudaan saya. Dengan pemikiran tentang sekularism yang dilontarkannya dengan sangat kontroversial pada masa itu, melalui jargon terkenalnya: Islam Yes! Partai Islam No! Sangat menohok dan mengguncang pandangan pribadi saya yang masih sedang dalam tahap "mencari" saat itu. Melalui telaah kritisnya yang jenius, cemerlang, dan sangat berani tentang urgensinya penerapan prinsip sekularism di kehidupan berpolitik bangsa ini (yang ajaibnya ternyata masih relevan, dan justru sangat relevan, sampai saat ini, disaat beliau sudah tiada beberapa tahun yang lalu) dengan situasi masa kini yang ditandai dengan fenomena menguatnya paham global fundamentalisme, puritanisme, radikalisme, dan entah isme² apalagi.... yang terasa mulai menggerus kedamaian hidup berbangsa & bernegara kita yang ber-Pancasila dan ber-Bhinneka Tunggal Ika ini.

Melalui tulisan singkat ini saya mau share sebuah ebook yang merupakan kumpulan tulisan/karya lengkap Cak Nur sepanjang hidupnya (1939-2005). Melalui tulisan ini saya ingin mengapresiasi yang setinggi²nya kepada tim yang telah bekerja keras dan berdedikasi tinggi sehingga berhasil mengumpulkan dan mendokunentasikannya secara digital keseluruhan mutiara yang tercecer itu. Disini saya hanya akan share ebook karya lengkapnya saja. Jika anda seperti saya, pengagum tokoh besar ini, ataupun hanya sekedar ingin tau lebih banyak, silahkan berkunjung saja ke website resminya: Portal Arsip Karya Nurcholish Madjid. Disana anda bisa mendapatkan lebih banyak lagi materi² tentang pemikiran² Cak Nur, baik melalui kultum, artikel singkat, dll

Akhir kata saya cuma bisa berharap, kapaaan ya kira² ada portal atau ebook dokumentasi lengkap karya seperti Cak Nur ini, tapi untuk tokoh lain yang kebetulan juga sangaaaat saya kagumi dan teladani pemikiran² dan keberaniannya; Gus Dur .... 😋

2019 Karya Lengkap NURCHOLIS MADJID (pdf, edisi revisi)











Selamat membaca
Salam Bhinneka Tunggal Ika
SALAM INDONESIA

1 comment:

  1. Keren banget koleksinya...sangat bermanfaat buat banyak orang, semoga berkah buat sang kolektor.
    Terimakasiiih..

    ReplyDelete